Tips Karir

Hal Penting yang Harus Diketahui Dalam Pembuatan Cover Letter dan Resume



Karena berkembangnya sosial media dan lowongan kerja secara online, Cover Letter dan Resume adalah pondasi awal untuk mendapatkan kerja. Berdasarkan penelitian berikut adalah beberapa tips-tips yang perlu anda perhatikan dalam Cover Letter dan Resume anda.


COVER LETTER

Cover Letter merupakan hal yang harus dalam lowongan kerja, karena berdasarkan penelitian Cover Letter meningkatkan potensi anda direkut mencapai 29%. Yang perlu diperhatikan dalam Cover Letter :
Tunjukkan kesopanan anda

Cover Letter merupakan jati diri anda dalam lowongan kerja. Berdasarkan penelitian jika anda menambahkan kalimat “Terima kasih atas pertimbangan Bapak/ Ibu” di dalam Cover Letter anda maka akan meningkatkan potensi anda direkut mencapai 10%.

Tunjukkan keyakinan anda bahwa anda bisa menyelesaikan tugas yang diberikan

Hilangkan kata-kata seperti "sedang belajar", "sedang mengembangkan", "diri sendiri" karena perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa bekerja dalam tim dan sudah bisa terjun dalam dunia kerja pada hari pertama kerja.


RESUME

Sedangkan yang perlu diperhatikan dalam Resume adalah :
Relevan
Berdasarkan penelitian berikut adalah poin-poin yang perlu anda masukan dalam resume anda :
  1. Ringkasan
  2. Referensi
  3. Riwayat Kerja
  4. Tujuan
  5. Latihan

Poin-poin di atas merupakan poin yang relevan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengetahui kemampuan anda apakah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut

Apa saja yang tidak perlu dimasukkan didalam Resume
Poin-poin yang menurut perusahaan tidak penting adalah bahasa dan minat pribadi dan prestasi :
  1. Bahasa : Jika perusahaan yang anda lamar merupakan perusahaan yang membutuhkan bahasa lain maka cantumkanlah di resume, jika perusahaan tersebut tidak membutuhkan maka hapuslah.
  2. Minat pribadi dan prestasi : hapus hobby anda di resume anda dan simpanlah penghargaan / prestasi yang anda capai yang tidak berhubungan dengan perusahaan yang anda lamar karena perusahaan bersangkutan tidak peduli.
Gunakan kata kunci
Gunakanlah kata kunci yang akan membantu nilai jual anda ke perusahaan yang anda lamar. Berikut adalah beberapa kata kunci yang akan meningkatkan potensi anda direkut mencapai 70% :
  1. Pengalaman
  2. Managerial
  3. Proyek
  4. Pembangunan
  5. Bisnis
  6. Keterampilan
  7. Profesional
  8. Pengetahuan
  9. Tahun
  10. Tim
  11. Kepemimpinan

Tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua perusahaan yang anda lamar membutuhkan semua kata kunci tersebut jadi sesuaikanlah kata kunci tersebut dengan perusahaan yang ingin and lamar

Kata kunci yang harus dihindari
Anda perlu menghindari menggunakan kata-kata yang memberikan kesan anda kurang berpengalaman, membutuhkan banyak latihan, dan sebagainya. Beberapa kata yang perlu dihindarkan :
  1. Susah
  2. Perlu
  3. Pertama kali
  4. Saya sendiri
  5. Waktu
  6. Kesempatan
  7. Belajar
  8. Mengembangkan
Jumlah kata dalam Resume
Resume yang memiliki 600-700 kata memiliki potensi direkut lebih tinggi dari pada Resume yang tidak memiliki 600- 700 kata.

Choose Page Layout
Header Style
Navigation Style
Hero Content Style
Footer Style