Tips Karir

Tips Mendapatkan Pekerjaan Idaman Anda



Sikap dan Tata Karma Saat Wawancara

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah pencari kerja gagal mendapatkan pekerjaannya dalam 18 bulan pertama. Ini merupakan berita buruk jika anda telah menghabiskan waktu anda untuk bersiap-siap memasuki dunia kerja. Namun survey menunjukkan bahwa hanya 11 % dari pencari kerja gagal karena ketrampilan yang tidak memadai, sedangkan 89% karena sikap. Hal ini membuktikan bahwa sukses berdekatan dengan sikap, pertanyaan wawancara harus menekankan karakter. Tunjukkan kemampuan anda di wawancara dan tingkatkan kesempatan anda mendapatkan pekerjaan!

Mau Belajar

Tidak masalah jika anda lulusan universitas terkemuka dengan IP sempurna 4.0, anda masih perlu banyak belajar ketika anda memulai karir anda. Jika anda memiliki sikap tahu segalanya ketika wawancara, anda akan menaikkan bendera merah di pikiran perusahaan. Anda harus dapat menerima kritik konstruktif dan belajar bagaimana melakukan pekerjaan anda sesuai dengan yang diinginkan perusahaan jika anda ingin mencapai sukses.

Motivasi

Jika anda tidak memberikan perhatian dan upaya terbaik anda pada pekerjaan, anda akan susah untuk naik ke pangkat yang lebih tinggi. 17% dari karyawan baru gagal karena kurang motivasi menyebabkan mereka bekerja dibawah potensial mereka. Oleh karena itu, tanda-tanda sikap yang malas saat wawancara akan ditolak oleh perusahaan.

Sikap atau Attitude

Pekerjaan yang berbeda membutuhkan karakter yang berbeda. Contohnya seorang pramugari harus bisa bekerja dengan tim dan memiliki kemampuan sosial yang besar sedangkan penulis harus focus pada tugas dan motivasi diri sendiri. Untuk beberapa wawancara, sikap perfeksionis dianggap sebagai asset yang baik. Tetapi dengan sikap yang sama bisa menyerang balik anda pada wawancara yang lain. Idealnya, anda telah mengetahui karakter pribadi anda ketika anda memilih jalur karir anda sehingga kualitas anda cocok untuk pekerjaan anda.

Keterampilan / Kemampuan

Jumlah pencari kerja yang gagal mendapatkan pekerjaan karena kurangnya ketrampilan adalah 11%. Meskipun anda bukan merupakan kandidat yang memenuhi syarat dari pekerjaan tersebut, anda dapat mempelajari ketreampilan jika anda memiliki motivasi dan keinginan untuk belajar. Karena indicator terbaik dari kesuksesan masa depan anda bukan keterampilan anda tetapi sikap anda. Pertanyaan-pertanyaan wawancara dirancang untuk mengungkap karakter asli anda.

Sikap di wawancara kerja

Pengujian keterampilan teknikal cenderung mudah, menilai sikap dalam wawancara jauh lebih sulit. Lulusan baru memiliki pengetahuan yang luas tentang seni wawancara dan telah melatih diri untuk memberikan jawaban yang mereka pikir perusahaan ingin dengar. Oleh karena itu, setiap orang yang diwawancarai selalu memberikan jawaban yang sama di setiap pertanyaan.

Jika anda ingin sikap yang menonjol dalam wawancara, jujurlah. Meskipun sikap anda tidak terlalu bagus di masa lalu, akui kegagalan anda di masa lalu akan menunjukkan bahwa anda bersedia untuk berubah.

Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, anda harus mengetahui kelemahan dan kekurangan anda.



Choose Page Layout
Header Style
Navigation Style
Hero Content Style
Footer Style